• yobiweb.id

Dampak Corona Terhadap Usaha Sektor Makanan

Pandemi Corona menimbulkan banyak dampak, termasuk dampak terhadap usaha. Tidak sedikit jumlah usaha yang tutup karena tidak mampu bertahan selama pandemi, salah satunya di sektor makanan. Bagaimana tidak, dengan adanya fenomena virus Covid-19 yang mudah menular melalui tetesan liur orang terinfeksi hingga bahkan melalui udara, banyak masyarakat yang memilih untuk tidak membeli makan di luar dulu. Adanya pelaksanaan PSBB oleh pemerintah pun semakin memperparah keadaan ini. Alhasil, banyak restoran yang tutup karena tidak mampu membayar gaji karyawan dan tidak mampu menutupi biaya operasional.

Meskipun begitu, perlahan restoran-restoran sudah mulai pulih kembali. Walaupun belum kembali seperti sebelum pandemi, tapi peningkatan angka kunjungan di bulan September 2020 mengalami kenaikan positif. Di bawah ini merupakan data mengenai dampak Corona terhadap usaha makanan yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Dampak Pandemi Corona Terhadap Sektor Usaha Makanan
Sumber Foto: Yobiweb

Kunjungan Restoran Fast Food Melonjak Tinggi

Seperti yang bisa dilihat dari referensi gambar di atas, restoran kategori fast food melonjak tinggi dibandingkan restoran kategori makanan lainnya. Pada bulan Agustus dan September mengalami kenaikan yang cukup tinggi dari 53% sampai 62% (Mandiri Institute, 2020). Salah satu contoh restoran fast food seperti McDonalds, KFC, Hoka-hoka bento, dan lain sebagainya. Dari sejak bulan Juli, restoran fast food selalu mendominasi angka kunjungan dibandingkan tempat lain. Sebagian besar memesan melalui aplikasi pesan antar makanan seperti Go Food ataupun Grab Food. 

Go Digital Kunci Bertahan di Masa Pandemi

Mengandalkan platform digital memang menjadi salah satu kunci agar bisnis bisa bertahan di masa pandemi. Ketika pelanggan tidak bisa mengunjungi restoran, maka biarlah ‘restoran’ itu yang mengunjungi pelanggan. Konsep seperti ini bisa diaplikasikan ke bisnis Anda jika Anda telah mengandalkan platform online untuk berjualan. Apa pun produk Anda, makanan ataupun barang bisa dijual secara online. 

(Baca juga: Dampak Pandemi Corona Terhadap Kunjungan Shopping Mall)

Dengan berjualan online, produk Anda bisa dilihat oleh lebih banyak orang kapan pun dan dimana pun. Pelanggan Anda tetap bisa membeli barang walaupun tidak langsung berkunjung ke toko Anda. Jika Anda belum memiliki website toko online, silakan kunjungi yobiweb.id untuk mendapatkan website toko online dengan harga terjangkau. Anda bisa berjualan online langsung dan menjangkau lebih banyak lagi pelanggan. Mulai sekarang bersama Yobiweb!

Leave a Reply

Your email address will not be published.