• yobiweb.id

Cara Mengatasi Perang Harga

Belakangan ini kita dihebohkan dengan praktik perang harga yang memang sulit untuk dihindari, terlebih jika Anda berjualan secara online dengan memanfaatkan marketplace. Sebelum masuk ke cara mengatasi perang harga, kita perlu tahu bahwa Sebenarnya persaingan jenis ini sudah ada dari dulu, namun seiring berjalannya waktu, praktik ini semakin menjadi tidak sehat dan menciptakan kondisi pasar yang tidak adil. Tidak sedikit barang yang berasal dari luar negeri dijual secara bebas dengan harga yang di bawah pasaran. Hal tersebut terjadi secara terus-menerus dan mengancam keberadaan pelaku UMKM.

Cara Mengatasi Perang Harga
Sumber Foto: Tamanna Rumee on Unsplash

Sebagai pelaku usaha, sebaiknya Anda tidak ikut dalam perang harga tersebut, karena efeknya hanya sementara dan pasti akan merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang. Lalu bagaimana cara mengatasi perang harga? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi perang harga yang telah dirangkum oleh Tim Yobiweb:

1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Anda bisa membuat pelanggan betah dan bahkan melakukan pembelian lagi jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik dengan memberikan respon yang cepat, tanggap, dan ramah ketika pelanggan bertanya. Pastikan tim Anda selalu siap untuk melayani pelanggan, terutama melalui live chat di website. Jika Anda belum memiliki website yang dilengkapi dengan fitur live chat, silakan kunjungi www.yobiweb.id.

(Baca juga: Mengapa UMKM Membutuhkan Website Toko Online?)

2. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Produk Kompetitor

Pertama, lakukan riset sederhana mengenai keunggulan dan kekurangan produk kompetitor. Kedua, bandingkan dengan produk Anda. Catatlah poin-poin apa saja yang membuat produk Anda lebih unggul. Jika tidak ada, fokuslah dahulu dalam melakukan inovasi agar bisa menutupi kekurangan bisnis Anda, setelah itu yang ketiga ialah promosikan keunggulan produk Anda pada setiap platform baik itu di marketplace, website, ataupun media sosial. 

3. Mengatur Ulang Target Market yang Spesifik (Niche)

Selain meningkatkan layanan dan produk, Anda juga bisa menargetkan market yang lebih spesifik, misalnya menjual casing handphone dengan tema desain khusus Doraemon. Sehingga, target marketnya hanyalah orang-orang yang menyukai kartun ataupun komik Doraemon. Marketnya memang tidak seluas casing handphone umum, namun jika dikembangkan dengan serius hasilnya pasti bisa lebih menjanjikan.

4. Memiliki Platform Penjualan Pribadi

Perang harga umumnya terjadi di marketplace, dimana berbagai akun toko online memasang harga termurah untuk menyingkirkan pesaingnya. Untuk itu, Anda tidak bisa hanya mengandalkan platform marketplace saja. Anda perlu memiliki website toko online pribadi sebagai platform utama untuk bisnis Anda. Dengan memiliki website sendiri, Anda bisa lebih fokus untuk melakukan branding dan meningkatkan penjualan. Yang paling penting, Anda tidak perlu sibuk memikirkan perang harga karena produk yang ditampilkan pada website hanya produk Anda sendiri dan tidak ada produk kompetitor. Menarik, bukan? 


Kunci dari cara mengatasi perang harga ialah Anda dan konsumen mengetahui kelebihan dari produk Anda. Sehingga walaupun Anda memasang harga yang lebih mahal, konsumen tahu bahwa mereka mendapatkan nilai yang memang lebih baik. Semoga beberapa cara di atas dapat berguna untuk strategi bisnis online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.