• yobiweb.id

Tips Meningkatkan Penjualan di Website

Sumber foto: Unsplash

Peningkatan penjualan merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh setiap penjual, baik bisnis kecil maupun besar. Sudah ada beberapa bisnis yang beralih dari offline ke online, karena banyak penjual yang merasa lebih efisien berjualan di online tanpa memerlukan modal yang besar. Di bawah ini terdapat tips-tips cara untuk meningkatkan penjualan online melalui website :

  • Pilih Nama Domain yang Tepat untuk Meningkatkan Branding

Dengan menggunakan domain yang tepat dapat mempengaruhi branding Anda di internet. Anda bisa membangun identitas yang mudah untuk dikenali oleh konsumen. Domain tidak harus selalu menggunakan (.com), ada berbagai macam banyak pilihan domain yang dapat digunakan untuk bisnis Anda. 

Anda bisa menggunakan (.id), (.store) atau bisa juga dengan menggunakan sesuai dengan nama bisnis atau toko Anda sehingga membuat keunikan dan dapat dengan mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.

  • Tampilkan Testimoni dari Pelanggan

Menampilkan testimoni dari pelanggan bukanlah suatu hal yang baru lagi, sudah banyak beberapa website yang menampilkan testimoni dari client nya sebagai feature untuk menarik kepercayaan pelanggan. Pengaruh akan semakin kuat jika orang yang memberikan testimoni merupakan tokoh yang terkenal, ini sangat efektif terutama di era globalisasi ini. 

Jadi, Anda bisa memanfaatkan peluang untuk memberikan tampilan testimoni di bagian home page website Anda menjadi sebuah strategi baru yang menguntungkan bagi kedua pihak, penjual dan pembeli.

  • Fitur Live Chat

Ada beberapa pembeli yang mengalami keraguan saat ingin membeli produk di website, dan ingin menanyakan sekilas tentang spesifikasi produk yang ingin dibeli. Dengan adanya fitur Live Chat, penjual dan pembeli bisa berkomunikasi, sehingga Anda dapat memberikan solusi kepada konsumen secara langsung.

Fitur live chat sudah banyak digunakan oleh beberapa pemilik website dan juga perusahaan dari skala nasional hingga internasional. 

  • Gunakan Teknik Copywriting

Teknik copywriting saat ini belum dikuasai oleh banyak orang, jika Anda memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik ini Anda bisa meningkatkan penjualan Anda. Mulailah dengan menerapkan judul yang menarik di bagian header website Anda, gunakan kata-kata yang dapat menarik perhatian pelanggan, contohnya seperti kalimat ajakan memancing calon pembeli untuk melanjutkan transaksi hingga ke tahap pembayaran.

  • Sediakan Metode Pembayaran yang Memadai

Metode pembayaran yang memadai biasanya menggunakan bank transfer, dan di era globalisasi sekarang ini sudah banyak juga website yang menyediakan metode pembayarannya melalui digital payment, contohnya OVO, Gopay, Shopeepay. Semakin mudah metode pembayaran yang disediakan, maka calon pelanggan akan semakin tertarik untuk berbelanja.

Selain mudah, metode pembayaran juga harus aman dan terpercaya, banyak sekali kasus penipuan yang sudah beredar di kalangan masyarakat dalam pembelian belanjaan online. Maka dari itu, sebagai penjual harus memberikan kepercayaan yang semaksimal mungkin dan menjaga privasi setiap pelanggan. Sebagai calon pelanggan harus berhati-hati dalam berbelanja online.

  • Susun Strategi Konten Pemasaran

Konten pemasaran atau biasa dikenal dengan Content Marketing merupakan suatu strategi membuat konten yang berguna, relevan dan layak untuk dijadikan sebagai strategi untuk menarik calon pelanggan. Dengan menerapkan strategi konten bisa menjadi potensial trafik untuk menarik calon pelanggan. 

Apabila konten yang dihasilkan memiliki manfaat yang dapat diambil dan diterapkan oleh semua orang, maka bisa menjadi salah satu faktor daya tarik calon pelanggan Anda. 

  • Manfaatkan Platform Media Sosial 

Media sosial merupakan salah satu platform yang digunakan oleh hampir semua orang di masa ini, mulai dari usia remaja hingga dewasa pasti mempunyai akun media sosialnya masing-masing. Fungsi media sosial selain untuk mempermudah komunikasi dengan satu sama lain, juga sudah menjadi salah satu platform berjualan, contohnya Instagram. 

Jika Anda ingin mulai untuk menggunakan platform media sosial sebagai platform penjualan, sangat penting untuk menyusun strategi konten pemasaran yang tepat. Lakukan riset sebanyak mungkin sebelum melakukan kampanye di media sosial untuk mendukung engagement yang tinggi. 

Itulah beberapa tips cara meningkatkan penjualan di website yang dapat dilakukan untuk siapa saja, baik yang baru mau memulai ataupun yang sudah menjalankan bisnis. Apabila bisnis Anda belum memiliki website, Anda dapat menghubungi Tim Yobiweb – Web Instan untuk pembuatan website dengan harga terjangkau. Semoga Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini dan dapat menjalankan tips-tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.