• yobiweb.id

Teknik SEO yang dapat meningkatkan Traffic Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara mengoptimalkan website untuk dapat tampil di peringkat teratas pada hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian, potensi traffic website akan meningkat. SEO merupakan bagian yang sangat penting terutama untuk para pemilik situs web ataupun blog. Untuk bisa tampil di peringkat teratas dalam halaman hasil pencarian, Anda membutuhkan riset yang dalam dan eksperimen, karena algoritma Google terupdate setiap harinya. 

Bagi pemilik website, semakin tinggi peringkat di hasil pencarian berarti semakin banyak pengunjung yang berpotensi menjadi calon pelanggan. Untuk meningkatkan traffic, tidak cukup hanya dengan memperbanyak isi konten di website tetapi Anda harus menerapkan teknik-teknik SEO yang efektif agar website Anda bisa menjadi di peringkat teratas. 

Oleh karena itu, Tim Yobiweb telah merangkum teknik SEO yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan traffic pada website:

  • Pelajari Audiens Website

Setiap website memiliki audiensnya sendiri sesuai dengan target market yang sudah ditargetkan di awal pertama memulai bisnis. Namun seiring berjalannya waktu, Anda akan mulai memahami audience website Anda sendiri yang bisa dianalisa menggunakan Google Analytics. Dengan melihat data ini, Anda tentunya akan mengetahui lebih detail mengenai siapa saja yang berminat untuk mengunjungi website Anda, sehingga konten maupun strategi yang Anda gunakan bisa disesuaikan dengan karakteristik audiens tersebut.

  • Membuat Sitemap

Dengan adanya sitemap dalam website Anda akan membantu search engine untuk menemukan setiap halaman yang ada di website dan dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung. Jika ada terjadi perubahan struktur di website, sitemap akan memberitahu search engine
Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan HTML. Site XML adalah sitemap yang dapat diakses oleh search engine, sedangkan sitemap HTML adalah sitemap yang diakses oleh pengunjung.

  • Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan kerja website ternyata mempengaruhi berapa banyak pengunjung yang akan mengunjungi website Anda. Audiens pasti berharap website yang dikunjungi tidak lambat, dan dapat memproses transaksi mereka dengan cepat. 

Website yang ringan (waktu loading cepat) akan membantu untuk menaikkan peringkat ranking pada search engine, sehingga tingkat pengunjung pun akan meningkat. 

  • Membuat Website Mobile Friendly

Penting bagi Anda untuk menyiapkan tampilan website yang dapat dengan mudah diakses melalui desktop maupun mobile. Dengan mempermudah akses ini, traffic website Anda sudah pasti meningkat karena ada banyak orang yang mengakses internet melalui smartphone. Masyarakat terlihat lebih suka menghabiskan waktu menggunakan smartphone dibanding komputer atau laptop. 

Dengan membuat website yang mobile friendly, Anda akan mempermudah calon pelanggan untuk mengunjungi website dimanapun dan kapanpun.

  • Isi Konten yang Menarik dan Lengkap 

Dengan menampilkan konten yang menarik di website, Anda dapat mendorong calon customer potensial untuk membeli produk Anda, dalam hal ini pastinya juga bisa meningkatkan traffic website. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website, maka ranking website Anda di bagian pencarian akan terus meningkat.

Selain konten yang menarik, konten yang ditampilkan juga harus diberikan informasi yang jelas. Calon customer akan lebih yakin jika produk yang ditampilkan memiliki informasi lengkap seperti spesifikasi produk, variasi, cara penggunaan dan sebagainya, sehingga tidak membuang waktu mereka lagi untuk berpikir ataupun riset mengenai produk tersebut.

  • Mengoptimasi Meta Tag

Hasil pencarian hanya memunculkan sebagian kecil dari konten ataupun artikel pada website Anda. Yang diitampilkan merupakan meta tags berdasarkan title tag dan description.

Title tag adalah judul konten atau artikel Anda yang akan muncul di hasil pencarian. Pastikan untuk menggunakan judul yang singkat, jelas dan padat, karena Google tidak akan menampilkan tulisan yang panjang dan otomatis mengatur perubahan pada judul tersebut mengikuti standar yang sudah ditentukan. 

Description adalah tulisan yang berisi deskripsi singkat konten di hasil pencarian  yang terdapat dibawah judul, biasanya Google akan menampilkan kurang lebih 120 karakter.

  • Menambahkan Google Analytics di Website

Fungsi utama Google Analytics adalah untuk memantau perilaku pengunjung website. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat dengan mudah memantau aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung mulai dari halaman pertama yang mereka kunjungi hingga halaman terakhir. Perlu dicatat, Google Analytics dan Google Search Console memiliki arti dan peran yang berbeda.

Google Search Console dapat diakses secara gratis oleh para pemilik website. Fungsi Google Search Console adalah untuk memeriksa performa website di hasil pencarian. 

  • Melakukan Target Long Tail Keyword

Terdapat dua jenis kata kunci, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata, contohnya seperti “membuat artikel” dan “website sendiri”.

Sedangkan, long tail keyword adalah kata kunci yang digunakan terdiri dari tiga kata atau lebih seperti “cara membuat konten yang menarik” dan “tips untuk meningkatkan traffic website”. 


Itulah teknik-teknik SEO yang patut diperhatikan dan dapat membantu untuk meningkatkan traffic website Anda. Setiap pemilik bisnis pasti mempunyai target penjualannya sendiri, trafficwebsite merupakan salah satu pemicu untuk menganalisis perkembangan bisnis Anda. Semakin tinggi traffic website Anda, maka artinya banyak orang yang mengenali bisnis Anda. Bagi Anda yang belum memiliki website sendiri, silahkan kunjungi www.yobiweb.id untuk pembuatan website toko online Anda dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.