• yobiweb.id

Pengertian Marketing Tools dan Contohnya

Email Marketing dan Website Sebagai Marketing Tools
Sumber foto: Unsplash

Pelaku usaha tentunya memerlukan promosi untuk memasarkan suatu produk. Memasarkan produk memang tidak mudah, dibutuhkan alat-alat pemasaran yang dapat membantu Anda mencakup pasar yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, dengan menggunakan berbagai macam Marketing Tools akan memudahkan Anda untuk mempromosikan dan menjual produk. Tim Yobiweb kali ini akan membahas pengertian Marketing Tools dan contohnya yang bisa dipraktikkan pada usaha Anda:

Pengertian Marketing Tools dan Contohnya

Marketing Tools adalah teknik atau alat yang digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk. Terdapat berbagai macam Marketing Tools yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda. 

Email marketing dan website merupakan contoh dari Marketing Tools yang wajib digunakan untuk bisnis online. Berikut adalah alasan dan keuntungan menggunakan email marketing dan website:

1. Email Marketing

Email marketing adalah cara pemasaran produk dengan menggunakan media surat elektronik (email). Marketing Tools ini dapat dikirimkan kepada pelanggan yang sudah pernah membeli suatu produk maupun calon pelanggan yang belum pernah membeli produk.

Keuntungan menggunakan email marketing sebagai Marketing Tools antara lain adalah:

1.a. Menyampaikan Informasi Bisnis Lebih Cepat

Keuntungan menggunakan email marketing adalah dapat mengirimkan informasi secara mudah dan cepat langsung ke email pelanggan yang ingin dituju.

1.b. Menjaga Hubungan Baik dengan Customer

Dengan menggunakan email marketing Anda juga dapat meningkatkan hubungan baik dengan customer. Anda bisa langsung mengirim informasi produk, promosi atau diskon, dan hal-hal lainnya dengan mudah. Anda juga dapat menerima feedback dengan cepat dari pelanggan dengan menggunakan email marketing.

1.c. Biaya Relatif Murah Dibanding Alat Pemasaran Lainnya

Email marketing tidak membutuhkan biaya yang begitu besar, biaya ini relatif lebih murah dibanding harus mengirim surat lewat pos atau dengan menggunakan surat fisik lainnya. Oleh karena itu, banyak pebisnis online yang menggunakan email marketing sebagai alat pemasaran produk mereka.

1.d. Bersifat Personal 

Email marketing ini bersifat personal/pribadi.Memberikan perhatian lebih ke pelanggan dengan mengirimkan email marketing dapat membuat pelanggan merasa nyaman serta dapat meningkatkan customer loyalty yang akan memudahkan Anda untuk menawarkan produk ataupun jasa.

2. Website

Memilih Marketing Tools yang tepat akan membantu Anda mengefektifkan kegiatan pemasaran produk dan jasa. Website merupakan salah satu contoh marketing tools yang efektif untuk digunakan.

Dengan menggunakan website, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda 24 jam secara non stop. Selain itu, Anda juga bisa menjual produk dan mempromosikan bisnis Anda dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO)  yang ada di dalam website untuk dapat menempatkan bisnis online Anda pada peringkat atas di hasil pencarian.

Berikut merupakan beberapa keuntungan dari sekian banyaknya keuntungan yang bisa Anda rasakan bila Anda dapat mengelola website Anda dengan baik. 

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan calon pelanggan Anda harus memiliki jangkauan pasar yang luas.  Dengan  memiliki website akan membantu Anda untuk mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas mengingat website dapat diakses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun

Menjalankan Bisnis Sesuai Dengan Keinginan Anda Sendiri

Berjualan di situs online seperti marketplace memiliki ketentuan yang harus dituruti dan terkadang ada beberapa ketentuan yang tidak menguntungkan bagi penjual. Berbeda dengan memiliki website toko online sendiri, Anda dapat mengelola toko Anda sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi bisnis.

Dapat Mempromosikan Produk atau Jasa Anda Secara Terus Menerus

Dengan berkembang  pesatnya era digital saat ini, website dapat digunakan sebagai pengganti toko konvensional karena toko online Anda tetap dapat diakses 24 jam, sehingga Anda dapat terus berjualan walaupun toko offline sedang tutup.

Mendapatkan Keyakinan Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis online, kepercayaan pelanggan  menjadi salah satu aspek suksesnya sebuah bisnis. Dengan mendapatkan kepercayaan dari mereka, pelanggan tidak akan takut untuk melakukan transaksi pembelian di toko Anda

Website merupakan salah satu media yang dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan informasi lengkap tentang bisnis Anda melalui email marketing atau Anda dapat menampilkan testimoni pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi di toko Anda agar dapat mendatangkan lebih banyak calon pelanggan. 

(Baca juga: Yobiweb, Solusi Go Digital Jutaan UMKM di Indonesia)

Membuat website memang membutuhkan waktu dan biaya, namun sekarang sudah hadir layanan pembuat website instan dengan harga terjangkau seperti Yobiweb. Dengan Yobiweb, Anda bisa membuat website toko online yang dilengkapi dengan fitur canggih mulai dari tampilan website yang menarik dan profesional, jasa pengiriman yang lengkap, hingga integrasi pembayaran ke rekening Anda. Silahkan kunjungi yobiweb.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai website instan.


Itulah pengertian Marketing Tools dan contohnya yang bisa menjadi alat bantu pemasaran bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.