• yobiweb.id

Yobiweb, Solusi Go Digital Jutaan UMKM di Indonesia

Bisnis online semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih semenjak adanya Pandemi Covid-19 dari tahun 2020 hingga sekarang yang memaksa masyarakat untuk beraktivitas secara online, termasuk belanja online. Peristiwa ini tentunya sangat berdampak bagi para pelaku usaha, terutama UMKM yang belum go digital.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) jumlah pelaku UMKM di tahun 2018 adalah sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. UMKM sendiri memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian nasional (PDB) yaitu sebesar 61,1%. Namun semenjak pandemi melanda, terdapat 30 juta UMKM yang mesti gulung tikar.

Ini tentunya menjadi sebuah kekhawatiran besar, pemerintah sudah berupaya memberikan berbagai bantuan kepada UMKM untuk bangkit di tengah pandemi. Namun tetap saja masih banyak pelaku UMKM yang kesulitan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?

Go Digital Harus Dilakukan

Imajiku menghadirkan produk website instan bernama Yobiweb. Dengan Yobiweb, pelaku UMKM bisa memiliki website toko online layaknya brand besar namun dengan biaya pembuatan yang terjangkau sesuai kebutuhan para pelaku UMKM.

(Baca juga: Mengapa UMKM Membutuhkan Website Toko Online?)

“Website menjadi hal penting dalam strategi Digital Marketing. Website merupakan rumah bagi sebuah bisnis, sesuatu yang dimiliki sendiri tanpa bergantung pada pihak ketiga. Pelaku usaha bisa mengontrol data pelanggannya sendiri yang tentunya tidak bisa didapatkan pada media sosial ataupun marketplace. Selain itu, website juga bisa dianalisa serta dilacak datanya sesuai kebutuhan pemilik website,” ungkap Velli Ong selaku Director of Sales and Marketing Imajiku dalam kesempatan webinar bersama Kreen Indonesia.

Media Sosial dan Marketplace Tidak Cukup

“Calon pelanggan biasanya melakukan riset terlebih dahulu melalui mesin pencari seperti Google, jadi jika sebuah bisnis tidak memiliki website pribadi maka bisnisnya akan sulit ditemukan oleh pelanggan secara online,” lanjut  Director of Sales and Marketing Imajiku Velli Ong.

Media sosial dan marketplace saat ini sudah cukup ramai, persaingan pun juga sangat tinggi. Untuk menunjang popularitas dan penjualan, pelaku UMKM harus mengandalkan website untuk mengoptimalkan strategi digital marketingnya. Calon pelanggan biasanya melakukan riset terlebih dahulu melalui mesin pencari seperti Google, oleh karena itu jika sebuah bisnis tidak memiliki website pribadi maka bisnisnya akan sulit ditemukan oleh pelanggan secara online.

Dengan pengalaman 16 tahun dalam pembuatan website bagi ratusan perusahaan dan brand ternama, Imajiku yakin bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk pelaku UMKM go digital karena masyarakat Indonesia yang berbelanja secara online terus meningkat terlebih selama pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Yobiweb yang merupakan website instan hadir untuk memudahkan peralihan jutaan UMKM ke platform online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.