• yobiweb.id

Mengapa UMKM Membutuhkan Website Toko Online?

Saat ini kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan pelaku usaha untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Hal ini berarti, efektifitas dan efesiensi dalam bisnis menjadi nomor satu. Mulai dari produksi hingga pendistribusian. Termasuk dalam proses pemasaran, seperti misalnya melalui media sosial ataupun melalui website sendiri. Oleh karena itu, segala bentuk bisnis termasuk UMKM harus mampu melakukan pemanfaatan teknologi dalam kegiatannya agar bisa terus bertahan di pasaran dan mampu berkembang. 

Website untuk UMKM
Sumber Foto: Afif Kusuma on Unsplash

Situs web atau website sudah menjadi hal wajib untuk bisnis masa kini. Selain sebagai bahan promosi, website juga menjadi toko online dimana penjual dan pembeli dapat bertransaksi secara efektif dan efisien. Untuk itu, website sangatlah dibutuhkan oleh pelaku UMKM.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa UMKM membutuhkan website toko online:

1. Kredibilitas Usaha

Internet sudah menjadi keseharian dari masyarakat masa kini, segala macam informasi dapat diakses secara online. Calon pelanggan akan mencari informasi mengenai produk yang diinginkan melalui internet. Jika Anda sudah memiliki website toko online, hal ini akan memudahkan calon pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai toko Anda. Pelanggan akan menilai seberapa kredibel bisnis Anda melalui informasi yang didapatkannya dari internet. 

Selain harus memiliki website, tampilan website Anda pun juga harus menarik dan terlihat profesional. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah performa website hingga fitur yang ada seperti fitur pembayaran dan metode pengiriman. Sehingga saat pelanggan sudah masuk ke website toko online Anda, pembelian barang bisa segera dilakukan tanpa ada kendala. 

Semakin baik website Anda, maka bisnis Anda semakin terpercaya. Bahkan, Anda tidak perlu memiliki toko fisik yang bagus karena proses jual beli sudah dilakukan secara online melalui website. Jadi, Anda bisa memulai bisnis dari rumah tapi tetap mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia karena website dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

2. Memudahkan Proses Jual Beli

Website toko online yang baik harus menunjang proses transaksi jual beli. Fitur checkout, add to cart, metode pembayaran, hingga perhitungan ongkir harus dimiliki. Dengan memiliki website toko online, Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk mengecek stok barang satu per satu, ataupun menghitung ongkos kirim untuk total pembayaran karena semuanya sudah otomatis terhitung oleh sistem dari website Anda. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda sebagai penjual serta memudahkan pelanggan Anda dalam proses pembayaran. 

3. Hemat Biaya, Waktu, dan Tenaga

Biaya membuat website memang bervariasi, namun saat ini sudah ada layanan pembuat web instan dengan harga terjangkau seperti Yobiweb. Di Yobiweb, Anda bisa membuat website toko online dengan fitur lengkap hanya dengan Rp350.000/bulan. Biaya ini tentunya jauh lebih murah daripada menyewa toko fisik untuk usaha Anda. Belum lagi untuk waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam menjaga toko serta operasional toko. 

Website sudah mencakup berbagai informasi usaha Anda, mulai dari informasi produk hingga informasi tentang cara pembayaran, retur barang, yang bisa Anda masukkan di halaman FAQ pada website. Sehingga, jika ada pelanggan yang ingin bertanya dapat langsung diarahkan ke halaman tersebut. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk promosi untuk mencetak katalog ataupun majalah, website sudah menjadi katalog online usaha Anda. Gambar-gambar dan informasi detail produk dapat dicantumkan di website, sehingga pelanggan hanya cukup mengakses website Anda untuk mendapatkan semua informasi tersebut sampai dengan pembelian barang. Anda cukup melihat data pesanan yang sudah membayar lalu memprosesnya untuk pengiriman sesuai alamat tujuan. Sangat mudah, bukan?

4. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Toko fisik hanya dapat dikunjungi oleh pelanggan yang berada di kota yang sama dengan lokasi toko, sedangkan website toko online dapat dikunjungi oleh pelanggan yang ada di berbagai kota. Usaha Anda tidak akan terbatas hanya pada market tertentu saja. 

Sudah banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya secara online dan mendapatkan keuntungan yang besar. Semakin luas pasar yang dimiliki, maka potensi untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar. 

Website toko online juga dapat diakses kapanpun selama 24 jam, sehingga walaupun berbeda zona waktu ataupun operasional toko sedang tutup, pelanggan tetap bisa melihat-lihat barang dan melakukan transaksi di website Anda.

5. Keberlangsungan Usaha

Penjualan online di April 2020 meningkat 480% dari Januari 2020 (Kontan.co.id), hal ini disebabkan adanya pandemi Corona yang mengharuskan masyarakat untuk tidak keluar rumah selama beberapa waktu. Alhasil, semua aktivitas dilakukan di rumah sehingga segala bentuk aktivitas online menjadi hal utama yang diandalkan masyarakat termasuk belanja online. Hingga tahun ini, dipastikan aktivitas belanja online masih akan terus meningkat karena masyarakat mulai terbiasa untuk berbelanja dari rumah. Pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dengan kejadian ini.

Dengan memiliki website toko online, UMKM tetap bisa mempertahankan kelangsungan bisnis selama dan setelah pandemi. Keberadaan usaha tidak akan hilang meskipun toko fisik sepi pengunjung, karena website dapat diakses kapanpun oleh pelanggan. 

(Baca juga: Cara Agar UMKM Bisa Bersaing Dengan Produk Luar Negeri/Impor)

Itulah beberapa alasan mengapa UMKM membutuhkan website toko online. Jika usaha Anda belum memiliki website, silakan kunjungi Yobiweb untuk membuat website dengan harga terjangkau. Selain menyediakan website dengan fitur lengkap dan harga terjangkau,  Yobiweb juga menyediakan tutorial lengkap serta Tim Support yang akan membantu Anda dalam mengembangkan website. Jadi, tunggu apa lagi? Miliki website toko online Anda sekarang dan mari kembangkan usaha bersama Yobiweb!

Leave a Reply

Your email address will not be published.