• yobiweb.id

Produk Terlaris Belanja Online Selama Pandemi

Virus Covid-19 atau Corona masuk ke Indonesia pada bulan Februari akhir. Pemerintah langsung mewajibkan masyarakat untuk tetap dirumah saja dan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama kurang lebih 2 bulan, namun masih berjalan sampai saat ini. Kita dihimbau untuk melakukan segala kegiatan dari rumah, mulai dari bekerja, sekolah dan beribadah. Seiring berjalannya waktu, kita semakin bisa beradaptasi dan terbiasa melakukan aktivitas secara online, salah satu contohnya adalah berbelanja online.

Produk yang masuk kategori produk terlaris belanja online selama pandemi  menurut katadata.co.id (2020) adalah pakaian dan aksesoris (76%), kecantikan kosmetik & kesehatan (62%), makanan (55%) dan elektronik (46%). Belanja online memang menjadi kebiasaan sebagaian besar masyarakat selama pandemi. Selain untuk mematuhi peraturan PSBB, belanja online juga relatif lebih praktis karena kita tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi membeli maupun mencari barang. Semuanya dapat dilakukan dengan gampang melalui layar gadget. Berikut ini adalah adalah beberapa contoh produk yang paling diminati oleh masyarakat saat berbelanja online selama pandemi:

  • Peralatan Medis

Peralatan medis seperti masker medis, hand sanitizer, alkohol, antiseptic spray menjadi contoh produk terlaris di masa pandemi berlangsung. Mulai dari bulan Februari lalu, setiap orang yang melakukan aktivitas di luar wajib untuk mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Memakai masker setiap keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan satu sama lain, menyebabkan semua orang selalu membawa hand sanitizer and antiseptic spray saat bepergian.

Selain itu, rumah sakit juga membutuhkan pasokan yang banyak untuk peralatan medis tersebut sehingga membuat harga barang-barang medis menjadi melonjak tinggi pada saat itu. 

  • Pakaian dan Aksesoris

Walaupun masyarakat dihimbau untuk tidak bepergian ke tempat umum, penjualan pakaian dan aksesoris tetap masuk kategori penjualan yang meningkat di masa pandemi. Masyarakat pastinya tetap mau tampil menarik walaupun hanya di rumah, selain itu untuk beradaptasi dengan rutinitas baru pastinya membutuhkan suatu hal yang baru seperti pakaian atau penampilan baru.

  • Kecantikan Kosmetik
flat-lay photography of cosmetic kit

Produk kecantikan dan kosmetik juga merupakan salah satu produk kategori yang laris di masa pandemi. Setiap orang pasti mempunyai cara menyenangkan dirinya masing-masing terutama untuk para perempuan yang masih ingin tampil cantik walau hanya di rumah.

  • Makanan dan Minuman

Persentase makanan dan minuman meningkat sebesar 55% (Databoks, 2020), karena selama pandemi pemerintah tidak mengizinkan masyarakat untuk dine in atau makan di tempat. Pemerintah mengajukan untuk membawa pulang makanan yang dibeli dan makan dirumah.

Tetapi ada inovasi baru yang dibangun dari para pemilik usaha yaitu drive in atau makan di mobil. Para pemilik restoran menyiapkan fasilitas untuk pelanggan tetap bisa menikmati hidangan makanan mereka di dalam mobil masing-masing. 

  • Elektronik 
MacBook Pro

Selama pandemi, beberapa kegiatan terpaksa harus dilakukan dari rumah. Banyak karyawan kantor yang terpaksa harus bekerja dari rumah, mahasiswa dan juga pelajar yang melakukan kegiatan belajar di rumah. Hal ini menyebabkan penjualan elektronik ikut mengalami peningkatan karena pastinya banyak yang memerlukan alat elektronik seperti laptop, atau gadget terutama untuk karyawan kantoran yang biasanya menggunakan fasilitas kantor seperti komputer.

Pandemi ini membawa dampak perubahan yang cukup besar di kalangan masyarakat dari berbagai latar belakang. Tapi tentu saja kebutuhan akan barang tetap ada, contohnya seperti kategori-kategori produk di atas. Bagi Anda yang belum mendapatkan kesempatan jangan khawatir, Anda bisa memulai bisnis dengan menjual barang-barang yang laris tersebut melalui platform online. Untuk memulainya, Anda bisa membuat website instan di www.yobiweb.id yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.