• yobiweb.id

Cara Agar UMKM Bisa Bersaing Dengan Produk Luar Negeri/Impor

Sumber Foto: OneSave/Day on Unsplash

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Semakin kuat UMKM, maka perekonomian kita pun niscaya akan terus maju. Produk-produk yang dibuat oleh UMKM juga tidak kalah kualitasnya dengan produk impor, meskipun begitu tidak sedikit masyarakat yang masih memilih produk luar negeri ketimbang produk UMKM yang merupakan produk lokal karya anak bangsa. Lalu bagaimana cara agar UMKM bisa bersaing dengan produk impor tersebut?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan pelaku UMKM agar produknya bisa bersaing dengan produk impor di pasaran:

1) Mengedepankan Kualitas Produk

Kualitas produk tidak hanya ditentukan dari produk itu sendiri, tapi dari bagaimana Anda mengelola produk mulai dari persiapan, pemasaran, hingga saat sampai ke tangan pelanggan. Jika kualitas produk baik, maka pelanggan pun akan puas dan akan memberi ulasan (review) di media sosial, website Anda, hingga merekomendasikan produk Anda ke orang-orang di sekitarnya. 

Anda bisa mulai dengan melakukan pengendalian kualitas (Quality Control) yaitu melakukan pengecekan barang untuk memastikan kualitas produk sudah sesuai dengan standar demi menjaga kualitas sehingga barang yang tidak memenuhi standar tidak akan sampai ke tangan pelanggan. Hal lain yang bisa Anda lakukan juga adalah dengan menyediakan Customer Support atau Customer Service yang sedia untuk menjawab pertanyaan ataupun keluhan pelanggan. Dengan demikian, kepuasan pelanggan akan meningkat dan ketika mereka merasa terbantu dengan layanan dari CS, maka mereka akan dengan mudah memberikan review positif.

2) Menawarkan Harga Bersaing

Harga produk memegang peranan penting dalam suatu bisnis. Agar bisa bersaing dengan produk impor, Anda bisa menentukan harga produk dengan 3 pendekatan di bawah ini:

  • Di bawah harga normal produk impor untuk menarik calon pelanggan
  • Menyamakan harga agar persaingan dengan produk impor tidak terlalu besar
  • Di atas harga normal, dengan asumsi bahwa produk Anda memiliki kualitas yang lebih baik dari produk impor

Tentunya, harga yang Anda tentukan juga tetap perlu memperhitungkan biaya modal serta laba yang ditargetkan agar usaha Anda tetap mendapatkan keuntungan.

3) Menciptakan Diferensiasi (Pembedaan) Produk

Diferensiasi produk adalah strategi yang dilakukan oleh pelaku usaha membedakan produknya dari kompetitor agar terlihat lebih spesial. Tujuan dari diferensiasi produk adalah untuk menciptakan keunggulan tersendiri dari produk lain. Sehingga, produk Anda akan dapat lebih mudah diingat meskipun ada banyak produk serupa di pasaran. 

Dengan menciptakan diferensiasi produk, pelanggan akan lebih menyukai produk Anda karena memiliki keunikan. Produk yang unik tentunya lebih disukai oleh pelanggan, jadi pelanggan pun tidak akan protes ketika Anda ingin menaikkan harga barang. Hal ini bisa kita lihat contohnya seperti barang-barang dengan label “Limited Edition” yang memiliki harga lebih mahal dibanding barang lain namun tetap saja selalu habis terjual. Menarik, bukan?

4) Melakukan Promosi 

Hal terakhir yang tidak kalah penting yaitu promosi. Ada berbagai cara untuk melakukan promosi, terlebih di era digital seperti saat ini. Hal wajib yang perlu Anda lakukan tentunya yaitu promosi secara online.

Anda bisa mulai dengan platform gratis seperti media sosial. Sesuaikan jenis media sosial yang Anda pakai dengan target market Anda. Misalnya, jika target market Anda adalah kalangan milenial dan generasi Z, maka Instagram merupakan platform media sosial yang wajib usaha Anda miliki. Lakukan promosi melalui konten-konten marketing yang Anda posting di media sosial. Jika memiliki anggaran, Anda juga bisa mulai dengan melakukan iklan berbayar di media sosial.

Selain promosi melalui media sosial, Anda bisa memulai membuat website untuk toko online Anda. Dengan website, usaha Anda akan memiliki kredibilitas lebih tinggi sehingga dapat terlihat lebih profesional dan mampu bersaing dengan produk impor atau produk dari luar negeri. Lebih lengkap mengenai manfaat website, dapat dibaca di artikel berikut ini Mengapa UMKM Membutuhkan Website?

Bagi Anda yang ingin membuat website toko online dengan harga terjangkau, silakan kunjungi Yobiweb. Yobiweb merupakan layanan pembuat web instan dengan harga mulai dari Rp350.000/bulan yang akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha secara digital.

Itulah beberapa cara yang bisa UMKM lakukan agar dapat bersaing dengan produk impor atau produk dari luar negeri. Semoga dapat berguna bagi kelangsungan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.