• yobiweb.id

Masalah yang Sering Terjadi Saat Melakukan Online Shopping

Hai Sobat Obi!

Untuk topik yang satu ini mungkin sudah pernah Anda alami sendiri, yaitu tentang masalah apa saja yang sering terjadi saat melakukan online shopping. Online shopping pastinya membutuhkan banyak hal seperti, koneksi internet yang mendukung, kepercayaan antara seller dan buyer, dan juga kepastian terhadap informasi produk yang dijual. Di era globalisasi ini, banyak pemilik toko offline yang memilih untuk berpindah ke online. Salah satu penyebabnya adalah toko offline mereka menjadi sepi dan banyak konsumen yang sudah berpindah ke online, segala sesuatu dilakukan dengan online terutama di masa pandemi ini. Berbelanja online sudah menjadi suatu lifestyle yang baru.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari berbelanja online, seperti dapat menghemat waktu dan ongkos. Namun, tetap ada permasalahan yang mungkinĀ  terjadi pada saat melakukan online shopping baik itu melalui website maupun platform lain.

Berikut adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada saat melakukan online shopping :

  • Kualitas Barang

Memang tidak ada jaminan kualitas produk untuk memasarkan produk secara online. Banyak sekali para pemilik online shop yang menampilkan produknya kepada masyarakat dengan menggunakan gambar yang terlihat sangat bagus dan menarik. Tetapi ketika barang itu sudah diterima oleh customer, kualitas produknya sangat tidak memuaskan dan biasanya ada kecacatan dalam produk tersebut. 

Bila terjadi hal seperti ini, biasanya customer akan segera komplain kepada pemilik online shop tersebut dan meminta ganti rugi. Terkadang ada beberapa customer yang tidak mau meminta ganti rugi, tetapi malah kehilangan kepercayaan terhadap online shop tersebut, lalu melakukan review dan rating yang tidak baik sehingga membuat online shop tersebut menjadi diragukan oleh calon customer yang baru untuk membeli produk mereka.

  • Salah Input Produk

Pada proses pembelian biasanya ada beberapa customer yang memang tidak mengecek kembali lagi barang yang sudah dipilih. Namun biasanya, terdapat rekapan pilihan produk yang sudah dipilih di langkah sebelum pembayaran dilakukan. 

Lalu, setelah barangnya sudah diterima oleh customer ternyata barangnya tidak sesuai dengan pilihan mereka atau yang mereka inginkan. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memberikan notifikasi yang sangat jelas baik di website, aplikasi atau media sosial sehingga setidaknya dapat mengurangi kemungkinan untuk hal-hal seperti ini terjadi.

  • Terdapat Biaya Tambahan

Sering sekali terjadi pada saat melakukan pembelanjaan online, customer melihat dari iklan bahwa harganya sangat murah dan terdapat potongan harga yang sangat menarik perhatian para customer sehingga customer tersebut langsung memutuskan untuk membeli produk tersebut. 

Setelah sampai di tahap pembayaran harganya berubah karena ada biaya tambahan yang harus ditanggung oleh pembeli. Biaya tambahan tersebut biasanya berupa ongkos kirim, biaya penanganan dan sebagainya. Namun, memang hal tersebut adalah sebuah trik pemasaran untuk menarik pembeli, tetapi sebaiknya pastikan untuk memberikan informasi yang jelas dalam deskripsi produk.

  • Keamanan 

Memberikan keamanan dalam melakukan transaksi online sangatlah penting karena sudah banyak sekali penipuan yang terjadi di kalangan masyarakat terkait penipuan yang beredar, seperti pemalsuan transaksi atau rekening bank. Hal ini menjadi salah satu pemicu beberapa customer lebih memilih untuk melakukan pembelian secara offline karena customer bisa langsung membayar di tempat dan menerima barang secara langsung. Untuk mencegah hal ini, Anda membutuhkan website untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Yobiweb menyediakan eCommerce website instan dengan harga terjangkau, dimana Anda bisa memiliki website sendiri untuk bisnis Anda sehingga pembayarannya pun terintegrasi langsung ke rekening Anda.

  • Pengiriman

Para pemilik online shop sebaiknya memberikan jaminan proteksi asuransi terhadap setiap pengiriman. Walaupun terkadang masih terjadi salah pengiriman alamat tujuan atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dibeli. Namun, dengan menjamin perlindungan produk yang dikirim akan meminimalisir kemungkinan produk diterima dengan keadaan yang tidak baik oleh pembeli. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberikan asuransi di setiap pengiriman.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui oleh para pemilik online shop untuk tetap menjaga kepercayaan customer. Pastikan toko online Anda dapat menghindari permasalahan tersebut ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published.