• yobiweb.id

Perbedaan Landing Page dan Website

Landing page dan website merupakan bagian terpenting yang sudah banyak digunakan oleh pemilik usaha secara global. Walaupun keduanya terlihat sama namun ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Landing page yang biasanya lebih banyak digunakan dalam dunia digital marketing. Namun, masih ada banyak orang yang masih belum memahami perbedaan antara landing page dan website ini. 

Landing page adalah halaman yang akan pertama muncul pada saat membuka link website, biasanya berisi konten gambaran foto-foto katalog produk dan juga deskripsi singkat mengenai toko tersebut. Sedangkan website adalah kumpulan halaman yang merupakan keseluruhan beberapa laman.

Namun, ada beberapa perbedaan yang mungkin belum diketahui banyak orang di antaranya adalah:

1. Perbedaan Tujuan

Salah satu perbedaan landing page dan website adalah keduanya mempunyai tujuannya masing-masing. Landing page biasanya digunakan untuk pemilik toko yang ingin mempromosikan tokonya dengan katalog produk yang dimiliki, atau event yang sedang diadakan untuk menarik calon pelanggan. Sedangkan website digunakan untuk mempresentasikan bisnis dengan tujuan untuk mempermudah calon pelanggan untuk mengakses toko Anda.

2. Perbedaan Target Audiens

Perbedaan lainnya adalah audiens, landing page dan website memiliki audiens yang berbeda sesuai dengan targetnya masing-masing. Website lebih ditujukan kepada audiens yang luas, target website memang lebih luas dan dapat diakses oleh siapapun. 

Berbeda dengan landing page, landing page memiliki target audiens yang dapat mengaksesnya melalui link atau Call To Action (CTA) yang dipromosikan oleh pemilik toko. Audiens landing page biasanya memiliki ketertarikan dalam penawaran yang di iklankan, sehingga landing page dapat disimpulkan memiliki audiens yang lebih terfilter.

3. Perbedaan Isi Konten

Konten yang terdapat dalam website itu penting dan mempunyai tujuannya masing-masing. Isi konten yang terdapat dalam website biasanya sudah mencakup keseluruhan informasi tentang bisnis tersebut. Website memiliki beberapa halaman tersendiri yang cenderung general seperti home, catalog products, contact us, about us, dan lain-lain.

Konten landing page biasanya berisi konten yang bersifat promosi atau penawaran. Landing page penting untuk para pemilik usaha yang ingin menargetkan konten mereka kepada pelanggan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah langsung terarah pada konten tersebut tanpa teralihkan dengan konten yang lain. Contoh konten yang biasanya ditampilkan di landing page adalah “Klik disini untuk produk yang discount starts from 50%”.

4. Perbedaan Desain

Perbedaan yang satu ini yang lebih menonjol biasanya yaitu desain, sudah sangat jelas bahwa desain landing page dan website berbeda. Tampilan website memiliki banyak menu dan kategori sedangkan landing page memiliki desain seputar promosi atau penawaran yang ingin ditampilkan lebih oleh para calon pelanggan. Desain pada landing page sudah dibuat sesuai dengan target sampai ke titik transaksi khusus untuk pelanggan yang telah mengunjungi dan berminat untuk membeli produk tersebut.

(Baca juga: Tips Menentukan Nama Toko Online)

Itulah perbedaan-perbedaan dari landing page dan website. Keduanya dapat diakses dengan mudah, namun untuk toko online memang sebaiknya dibuat dalam bentuk website karena proses penjualan produk membutuhkan fitur yang lebih lengkap seperti yang ada pada website. Yobiweb menyediakan website toko online dengan harga terjangkau yang dapat Anda miliki dengan mudah. Kunjungi yobiweb.id sekarang dan miliki website toko online Anda bersama Yobiweb.

Leave a Reply

Your email address will not be published.