• yobiweb.id

3 Hal yang Membuat Pelanggan Komplain di Media Sosial

Hampir semua usaha pasti hampir pernah menerima komplain dari pelanggan mereka. Ada berbagai macam komplain yang diterima dari pelanggan, sebagian besar bisa karena pelayanan yang tidak baik terhadap pelanggan atau kualitas produk yang tidak sesuai dengan yang ditampilkan. Memberikan pelayanan yang baik dan penjelasan produk yang tepat sangatlah penting dan dibutuhkan oleh pelaku usaha. Ulasan pelanggan merupakan salah satu hal yang memberikan dampak terhadap penjualan Anda.

Simak lebih lanjut apa saja hal-hal yang membuat pelanggan melakukan komplain di media sosial:

  • Terlambat dalam proses pengiriman

Proses pengiriman adalah salah satu tahap proses transaksi yang paling sering dikhawatirkan oleh pelanggan karena terkadang pelanggan takut akan terjadinya penipuan atau barang tidak sampai ke pelanggan. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik usaha harus memberikan jaminan kepada setiap calon pelanggan mereka sehingga pelanggan merasa mendapatkan proteksi dari toko Anda.

Selain memberikan jaminan, pemilik usaha juga harus memilih kurir yang bisa bekerja sama dengan baik. Biasanya, pelanggan komplain di media sosial karena ingin memberikan masukan dan ingin ditangani dengan baik jika ada masalah terlebih jika masalah tersebut berkaitan dengan pengiriman.

  • Kualitas barang tidak sesuai

Faktor yang satu ini juga biasanya sering ditemukan dalam komplain dari pelanggan di media sosial. Pelanggan tidak segan-segan memberikan ulasan buruk jika produk yang mereka terima tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan di toko Anda. Sebelum Anda menampilkan atau memposting produk, Anda harus memastikan identitas produk tersebut dengan jelas. Mulai dari foto produk

hingga penjelasan tentang produk tersebut sehingga pelanggan dapat memutuskan pembelian dengan membaca terlebih dahulu informasi yang diberikan oleh toko Anda.

  • Produk cacat pada saat diterima

Proses pengiriman biasanya paling rentan dengan permasalahan, pemilik toko mengirim barang tersebut dengan keadaan masih utuh tetapi bisa saja terjadi kesalahan saat produk dalam proses pengiriman. Biasanya produk dalam perjalanan pengiriman tidak sengaja terlempar atau tertindih. Situasi produk seperti ini pastinya tidak diinginkan oleh kedua pihak pemilik toko dan juga pelanggan.

Hal seperti ini bisa memberikan reputasi buruk terhadap toko Anda, maka sebaiknya Anda memilih kurir yang bisa memberikan kerja sama dengan baik tanpa pengecualian. Sebaiknya Anda juga mewajibkan jaminan asuransi untuk barang yang rentan rusak di perjalanan agar produk dapat sampai dalam kondisi baik ke pelanggan.


Mendapatkan komplain dari pelanggan tidak selalu akan merugikan Anda, sebaiknya ambil sisi positif dan pembelajaran dari komplain pelanggan yang bisa membantu untuk meningkatkan penjualan Anda kedepannya. Pelayanan yang baik dan sopan kepada pelanggan sangat dibutuhkan oleh setiap pemilik usaha. Jangan menyerah dan tetap mencoba hal-hal baru yang bisa meningkatkan penjualan Anda. Bagi Anda yang belum memiliki toko online sendiri, silahkan kunjungi yobiweb.id untuk membuat website toko online Anda secara mudah dan praktis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.