• yobiweb.id

Cara Mempromosikan Website Agar Banyak Pengunjung, Gratis!

SEO Cara Mempromosikan Website
Photo by Merakist on Unsplash

Memiliki website sudah menjadi keharusan di zaman ini, terutama bagi sebuah bisnis. Setelah memiliki website, tentu langkah selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana mempromosikan website agar memiliki banyak pengunjung. Dengan trafik yang tinggi, tentunya potensi penjualan di situs web pun juga semakin tinggi. Untuk itu, kami telah merangkum 5 cara mempromosikan website secara gratis yang bisa Anda lakukan:

1. Teknik SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk menempatkan website Anda pada halaman pertama dalam mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Misalnya ketika Anda mengetik “jual tanaman hias online” pada mesin pencari seperti Google, website yang muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian Anda berarti telah memiliki SEO yang baik. 

Untuk menjalankan teknik SEO ini, tentunya harus didukung oleh website Anda sendiri. Terkesan rumit? Tenang saja. Jika website Anda dibuat oleh Yobiweb, maka Anda tidak perlu khawatir. Website dari Yobiweb sudah dirancang SEO friendly yang dilengkapi dengan meta tag. Meta tag adalah strategi SEO yang membantu website Anda pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Berikut beberapa hal yang perlu Anda isi pada meta tag yang sudah disediakan Yobiweb:

  • Pertama, Meta Title: judul yang menjelaskan halaman website Anda
  • Kedua, Meta Author: nama orang atau kelompok yang membuat halaman website Anda
  • Ketiga, Meta Keyword: informasi kata kunci mengenai website Anda
  • Terkahir yang keempat, Meta Description: deskripsi singkat tentang website Anda agar calon pengunjung tertarik

Pastikan Anda mengisi meta tag dengan informasi yang tepat dan sesuai dengan konten website Anda. Lakukan riset sederhana mengenai kata kunci apa yang biasanya calon pelanggan Anda cari melalui mesin pencari dan gunakan kata kunci tersebut pada setiap meta tag website Anda.

2. Instagram

Instagram menjadi salah satu platform wajib yang juga harus dimiliki oleh suatu bisnis. Bisnis kecil ataupun bisnis besar pasti memiliki akun di Instagram yang menyebabkan Anda akan bertemu dengan banyak kompetitor. Walaupun terkesan sulit untuk bersaing, Anda masih tetap memiliki peluang untuk bisa mendapatkan potensi market di Instagram. Yobiweb memiliki berbagai tips berjualan di Instagram yang bisa Anda lihat pada artikel Tips Bisnis di blog Yobiweb.

Cara mempromosikan website melalui Instagram bisa dimulai dari memasang link website pada profil Anda. Kemudian, mulailah untuk mencantumkan website Anda pada setiap konten Instagram baik di feed ataupun story serta di bagian caption. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Shopping yang hanya bisa didapatkan jika sudah memiliki website. Untuk mengetahui panduan lengkap mengaktifkan Instagram Shopping, silakan lihat pada artikel Tutorial Lengkap Mengaktifkan Instagram Shopping.

3. Facebook

Facebook merupakan platform lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan website selain Instagram. Mulailah dengan membuat Facebook Page untuk bisnis Anda. Lengkapi semua informasi yang dibutuhkan termasuk website. Hampir sama dengan Instagram, Anda bisa membuat konten berupa foto dan video yang juga bisa diposting sebagai konten story. Selain itu, Anda juga bisa memposting tulisan biasa tanpa gambar atau video untuk mengajak audiens Anda berinteraksi. Jangan lupa sertakan website Anda di setiap konten yang diunggah ke Facebook.

4. Whatsapp Business

Whatsapp Business berbeda dengan Whatsapp biasa karena memiliki fitur-fitur tambahan yang memudahkan Anda untuk berjualan melalui Whatsapp, seperti fitur katalog produk dan pesan otomatis. Berikut langkah-langkah membuat Whatsapp Business:

  1. Unduh aplikasi WA Business melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  2. Setelah selesai, masukkan nomor ponsel khusus untuk bisnis Anda
  3. Lengkapi profil Anda dengan mengklik menu Setting > Business Setting > Profile. Silakan masukkan alamat website Anda pada bagian ini.
  4. Setelah itu, atur juga pesan otomatis melalui menu Setting > Business Setting > Away Message/Greeting Message/Quick Replies. Cantumkan juga website Anda pada setiap pesan otomatis, sehingga pelanggan bisa langsung mengakses informasi dan melakukan pembelian walaupun pesannya belum dibalas.

5. Google My Business

Google My Business akan memberikan informasi detail mengenai bisnis Anda pada bagian atas mesin pencari Google. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan pelanggan baru dari Google. Oleh karena itu, Anda perlu mencantumkan website pada Google My Business agar orang yang menemukan bisnis Anda bisa langsung mengunjungi website Anda. Untuk membuat Google My Business, Anda hanya perlu mengunjungi https://www.google.com/business/ dan pilih menu Kelola Sekarang lalu ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengisi semua informasi bisnis hingga ke proses verifikasi.

Itulah beberapa cara mudah dan gratis yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan website agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hasilnya memang tidak instan seperti jika Anda menggunakan iklan berbayar, namun hasilnya akan lebih maksimal dalam jangka panjang. Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk melakukan beberapa cara di atas agar bisnis Anda terus berkembang seiring berjalannya waktu. Jika Anda belum mempunyai website, silakan kunjungi yobiweb.id untuk pembuatan website bisnis yang praktis dan mudah. Yobiweb merupakan layanan website instan yang membantu Anda untuk memiliki website fitur lengkap yang siap pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.