• yobiweb.id

Beberapa Istilah Unik di Online Shop

Sistem perdagangan dunia maya atau e-commerce sangat digemari oleh masyarakat. Dengan kepraktisan yang dimiliki, setiap orang dapat berbelanja dimana pun dan kapan pun. Segala prosesnya sudah sangat mudah dan dapat diakses oleh setiap orang. Hanya dengan menggunakan ponsel atau komputer, masyarakat sudah bisa berbelanja, mulai dari memilih produk yang akan dibeli hingga transaksi pembayaran pun juga bisa dilakukan secara online

Ada beberapa istilah yang terdapat dalam sistem belanja online, mungkin Anda sering mendengar namun tak sepenuhnya dimengerti. 

Sumber Foto: Unsplash

Berikut adalah istilah-istilah dalam sistem perdagangan dunia maya :

  • Pre-Order (PO)

Pre-Order atau biasa lebih dikenal dengan singkatannya PO adalah sistem beli yang dilakukan dengan membayar hanya sekian persen di awal karena barang tersebut belum siap untuk dijual, hanya menerima pesanan terlebih dahulu yang diterima dari customer

Biasanya barang-barang yang PO memiliki jadwal pengiriman yang berbeda dari produk-produk lainnya, karena barang PO tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses.

  • Private Message (PM)

Private message biasanya digunakan oleh beberapa online shop yang memilih untuk melakukan transaksi secara private atau berinteraksi langsung dengan customer melalui chat pribadi. Ada juga beberapa online shop yang mengirimkan detail orderan atau invoice secara personal dan bisa melalui email ataupun chat pribadi.

  • Down Payment (DP)

Down payment yang berarti uang muka, istilah ini banyak digunakan oleh para pemilik online shop yang biasanya menyediakan PO untuk produk yang mereka jual. 

DP biasanya akan dikenakan sebesar 50% di awal, dan 50% di akhir. Pelunasan akan dilakukan setelah barang sudah siap untuk dikirimkan kepada customer.

  • Brand New In Box (BNIB)

Brand new in box artinya adalah barang yang masih tersegel dan masih di packing dalam boxnya. Istilah ini menjadi salah satu gambaran deskripsi produk untuk memberikan jaminan kepada customer bahwa produk yang dijual masih baru dan tersegel dengan aman.

  • Want To Sell (WTS) dan Want To Buy (WTB)

Want to sell adalah suatu istilah yang biasanya digunakan sebagai ikon pada iklan produk untuk menonjolkan yang berarti produk tersebut dijual. Want to buy adalah istilah yang digunakan sebagai daya tarik oleh pembeli yang menginginkan satu barang kepada penjual.

Kedua istilah ini biasanya digunakan sebagai istilah judul thread promosi para pemilik online shop di situs jualan online.

  • Plug and Play (PnP)

Plug and play merupakan sebuah penjelasan atau deskripsi tentang barang yang dijual dapat segera dipasang atau digunakan setelah melakukan transaksi pembayaran. Istilah yang satu ini biasanya digunakan untuk barang-barang yang berupa elektronik atau perabotan rumah tangga.

Istilah ini digunakan untuk menghindari adanya penipuan dari penjual untuk transaksi yang besar seperti pembelian elektronik atau perabotan rumah tangga. Para pemilik online shop wajib memberikan informasi yang lengkap dan mencantumkan istilah Plug and Play ini jika memang produk siap untuk diproses dalam waktu 1 x 24 jam.

  • Dropship

Istilah dropship adalah suatu cara pemasaran online dimana pemilik online shop tidak memiliki stok barang yang dijual. Ketika ada pembeli yang melakukan order, maka pemilik online shop akan meneruskan orderan tersebut kepada supplier atau distributor mereka. Lalu, pengiriman akan langsung dikirimkan ke alamat customer.

Dropship pastinya sering Anda temui dalam beberapa situs belanja online, istilah ini digunakan khususnya untuk para pemilik online shop yang biasanya merupakan reseller. Reseller sendiri merupakan orang yang mengeluarkan modal di awal untuk mengambil barang dari supplier (pemasok) atau distributor lalu menjualnya ke konsumen. 

Itulah istilah-istilah dasar yang biasanya dipergunakan di situs belanja online yang harus Anda ketahui. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan pada saat transaksi dan menambah ilmu pengetahuan dengan mengikuti trend sekarang ini. Untuk pertanyaan lain seputar tips bisnis ataupun kebutuhan website instan dengan harga terjangkau, Anda dapat menghubungi Tim Yobiweb melalui email support@yobiweb.id atau dengan mengunjungi www.yobiweb.id. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.