• yobiweb.id

Saatnya UMKM Memiliki Website Pribadi

Sumber Foto: Unsplash

Jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Para pemilik UMKM harus dapat mengikuti dan menyeimbangi dengan cepat untuk bisa menyatu dengan perkembangan zaman yang dituntut untuk mempunyai inovasi baru, dan juga lebih kreatif dalam menghasilkan suatu produk dengan tujuan untuk memiliki keunikan yang menjadi daya tarik suatu produk dalam meningkatkan penjualan.

Di tahun 2020 ini, banyak sekali peristiwa yang terjadi terutama di masa pandemi Covid-19 yang membawa dampak bagi semua orang. Banyak pengusaha yang harus berjuang untuk bisa bertahan di masa pandemi ini, mulai dari pengusaha kecil hingga pengusaha besar. Dengan adanya situasi ini, kita dipaksa untuk bisa melakukan segala sesuatu dengan online, seperti bekerja dari rumah atau biasa disebut WFH (Work From Home), sekolah dari rumah, hingga beribadah di rumah, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan semua kegiatan di rumah.

Saat ini sudah banyak platform yang tersedia untuk setiap orang bisa memasarkan produknya secara online, banyak pengusaha yang sudah menggunakan website sendiri untuk memasarkan produknya. Selain website, sebenarnya ada juga pengusaha yang menggunakan Social Media dan Marketplace sebagai platform penjualan mereka. Namun, website masih terbilang cukup ampuh dalam mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang manfaat-manfaat yang akan didapatkan jika memiliki website pribadi.

Berikut beberapa manfaat memiliki website sendiri :

  1. Meningkatkan Branding

Branding merupakan salah satu cara yang penting dalam menjalankan suatu bisnis. Meningkatkan branding secara online, dapat membantu memperluas jangkauan pasar. Sehingga informasi mengenai produk dapat diakses dengan mudah, dimanapun dan kapanpun. 

  1. Mengikuti Era Globalisasi

Setiap harinya, banyak konsumen yang sudah menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang dibutuhkan dan juga berbelanja secara online karena akses yang sudah sangat mudah dan lengkap bisa dijangkau secara online.

Untuk para pemula pemilik UMKM bisa dimulai dari berjualan di rumah, menghemat waktu dan biaya dibandingkan harus berjualan secara offline (toko).

  1. Menghemat Biaya

Membangun website sendiri tentu saja membutuhkan banyak waktu dan juga biaya yang akan dikeluarkan untuk memenuhi fitur-fitur yang diinginkan di dalam website. Untuk menciptakan suatu website yang menarik, sangatlah penting untuk selalu mencari sesuatu yang baru untuk dikembangkan di website Anda. Namun, tidak perlu khawatir. Karena dengan adanya layanan website instan dengan harga terjangkau seperti Yobiweb, Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak dalam pembuatan website karena semuanya sudah disediakan. Jadi, Anda dapat menjual produk-produk secara langsung melalui website Anda sendiri dalam waktu singkat.

Dan tentu saja, Anda dapat memberikan banyak informasi yang lengkap di website daripada harus mengeluarkan uang untuk brosur, bertemu secara tatap muka atau melalui telepon.

Keunikan dalam website dapat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis yang membuat pelanggan lebih tertarik melakukan transaksi melalui website daripada melalui platform lainnya.

  1. Memperluas Jangkauan Target Pasar

Website merupakan salah satu tempat alternatif untuk menjual produk dan jasa. Dengan menggunakan website Anda bisa memperlihatkan informasi lengkap tentang produk atau jasa, sebagai daya tarik untuk meningkatkan penjualan Anda.

Dengan menggunakan jasa website untuk memasarkan produk atau layanan dapat memperluas jangkauan target pasar. Kok bisa ya hanya dengan menggunakan website saja sudah bisa memperluas jangkauan target pasar penjualan? Karena, dengan memiliki website sendiri bisnis Anda dapat dengan mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun secara global.

  1. Meningkatkan Customer Relationship

Untuk hal ini, pastinya sudah menjadi hal yang sangat penting bagi para pemilik toko online.

Dengan menggunakan website sebagai platform untuk berjualan, Anda dapat melayani customer secara online sekaligus dapat meningkatkan Customer Relationship. Biasanya customer lebih suka berkomunikasi langsung dengan penjual untuk membangun kepercayaan sehingga tidak sungkan untuk membeli barang dari toko Anda. Untuk itu, di website instan Yobiweb tersedia fitur Live Chat agar penjual dan pembeli bisa berkomunikasi secara langsung. Membangun kepercayaan dan rasa kenyamanan kepada customer itu sangat penting, tanpa terkecuali saat berjualan online.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mulai menggunakan website sendiri sebagai platform penjualan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.